Jumat, 12 September 2014

HAL YANG DILAKUKAN
        Sebelum menerapkan Sistem Informasi Manajemen pada warung atau toko skala kecil yang lebih luas akan diujicobakan terlebih dahulu dengan toko milik sendiri. Apakah pemakaian Sistem Informasi Manajemen ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan yang lebih apabila tanpa pemakaian Sistem Informasi Manajen. Apabila berjalan dengan baik dan dapat memberikan keuntungan serta pengembangan usaha maka dapat diperkenalkan pada warung atau toko kecil yang lain. Kenapa tidak langsung kita uji pada warung atau toko milik orang lain karena apabila tidak berhasil tidak menimbulkan kerugian pada pemilik tersebut.
Hal - hal yang perlu dilakukan antara lain:
  1. Menyiapkan perangkat keras, komputer dan printer, serta perangkat tambahan bila perlu misalkan scaner.
  2. Menyiapkan software sistem Point of Sale Online, dapat diperoleh dengan membeli atau download secara gratis.
  3. Pelatihan pengoperasian perangkat keras dan perangkat lunak.
  4. Penataan stok barang dengan lebih baik.
  5. Memasukkan item barang dan harga barang.
  6. Penambahan jasa penjualan melalui PPOB yang dapat melayani penjualan pulsa, penjualan token listrik pra bayar, pembayaran tagihan, dan pemesanan tiket.
  7. Apabila berhasil dapat melayani belanja online.
BAGAN SIM SEDERHANA
Pemilik dapat sekaligus merangkap pegawai dan dapat langsung sebagai operator Sistem Informasi Manajen mengingat sebagian besar warung atau toko kecil pemilik adalah sekaligus pegawai.
Pemesanan barang dapat melihat data yang ada dalam komputer, berapa banyak stok barang yang ada. 
Barang - barang kiriman dari pemasok dimasukkan ke dalam sistem, jumlah barang dan juga harga barang.
Konsumen dapat dibedakan dalam dua kategori yaitu member dan non member. Konsumen member data dimasukkan ke dalam sistem sehingga mendapatkan keistimewaan dalam berbelanja.
Penjualan dapat terdata berapa jumlah penjualan, stok barang sisa sehingga dapat melakukan pemesanan barang dengan tepat. Penjualan juga memberikan laporan keuangan dari total penjualan, total pengeluaran, dan total laba.
Pegawai bila diperlukan baru direkrut, data yang dimasukkan berupa biodata dan administrasi karyawan misalkan absensi, gaji, dan jabatan.

KESIMPULAN
1. Sistem Informasi Manajemen menurut Wikipedia adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntasi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis.
2. Sistem Informasi Manajemen yang digunakan dalam usaha ritel ini adalah Sistem Point of Sale Online.

DAFTAR PUSTAKA
  1. http://id.m.wikipedia.org
  2. http://arisuhari.blogspot.com
  3. http://mufidmmn.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar